Thursday, July 30, 2009

Teknologi Untuk Dakwah

Ass. wr wb
Saya termasuk orang yang biasanya ngantuk klo lg mendengarkan ceramah/khutbah jumat di masjid. Apalagi klo yg bawain hanya sambil baca tanpa ekspresi. Ada yg bilang itu karena setan yg menggodamu utk tidur...bah..memang isi dan cara mbawanya aja yg gak menarik. Paling sebel klo dengerin yg isinya sangat provokatif, juga sebel klo terlalu banyak ngelucu...lebih banyak ngelucunya drpada isinya, nggak pada tempatnya banget.

Saya tadi ...baru saja ketemu dgn khotbah yg bagus tentang Istiqamah, Istikarah, dan Istighfar. Sangat menyentuh hati. Dan saya liat org2 disekitar saya sangat antusias memperhatikannya...oohhh kemana syeitan? Lari...pergi ke t4 lain yg ceramahnya gak sip...

Setelah shalat selesai..saya tidak langsung keluar. Masih duduk2 dan melihat-lihat isi mesjid. Mesjidnya bagus, tergolong mewah dari yg pernah saya liat sebelumnya. Semua berkeramik, dindingnya pun berkeramik, ditambah kaligrafi di mana-mana. Arsitekturnya lumayan bagus, sangat memperhatikan aspek keindahan menurut saya. Pokoke sangat membanggakan....

Tiba2 saya berpikir....kenapa ya di mesjid2 selalu gak tersedia proyektor LCD (maap klo salah nyebutin namanya). Itu lho yang biasa dipake utk presentasi di kelas2 atau biasa dipake dosen utk mengajar. Padahal kan harganya gak seberapa tuh dibandingkan fasilitas yg lainnya yg biasanya ada di masjid2. Apa karena gak boleh ya ??? Klo emang gak boleh ada di mesjid, kenapa ya? Toh alat2 elektrik lainnya seperti pengeras suara dan AC yang pada jaman Rasulullah dulu gak ada kok bisa ada di Masjid...

Klo ada LCD itu kan si penceramah jd lebih mudah menyampaikan isi ceramahnya, sang jamaah juga lebih mudah nangkep isinya dengan bantuan fasilitas visualnya. Yang mengantuk bisa jd berkurang. Kegiatan ceramah menceramahi jd lebih menantang dan anak2 muda akan dengan senang hati menggelutinya.

Mari gunakan teknologi utk berdakwah, asal gak melanggar ketentuan yg ditetapkan Rasulullah....mgkin memang keberadaannya alat itu gak boleh...maap klo sy gak tau....
Demikian Ardinbanget melaporkan dari Depok utk dunia.........
Wassalam..................

No comments:

Post a Comment